CODEX2000

Daftar Baru Negara Paling Korup

leave a comment »

6 Oktober 2010

Negara-negara yang tercabik peperangan masih dinilai sebagai negara paling korup di dunia, menurut satu laporan baru dari Transparency Internasional.

Organisasi pemantau korupsi yang berbasis di Belin ini memantau praktik-pratik yang dianggap sebagai korupsi dan telah menerbitkan laporan tahunannya mengenal hal itu.

Laporan tersebut dilandaskan pada hasil jajak pendapat di kalangan para pelaku bisnis dan rakyat di 178 negara.

Negara paling korupsi adalah Somalia, disusul oleh Birma, Afganistan dan Irak.

Denmark, Selandia Baru dan Singapura menempati urusan paling atas sebagai negara yang paling tidak korup, sementara Inggris hanya menduduki urutan ke-20.

Pemerintahan

Transparency International didirikan tahun 1993 dan merupakan LSM yang memantau praktik korupsi dalam perusahaan dan korupsi politik.

Melalui laporannya yang paling baru, Rusia digolongkan ke dalam kelompok negara-negara yang paling korup, menempati urutan ke-154.

Dan Italia turun ke peringkat 67, sekarang berada di bawah Rwanda.

Sementara itu Cina menduduki urutan ke-78.

Menurut temuan Transparency International, negara-negara miskin dan rentan paling menderita berbagai akibat korupsi.

Karena, itu, banyak yang harus dilakukan untuk menerapkan peraturan dan hukum yang sudah ada, kata Huguette Labelle, Ketua Transparency Internasional.

“Hasil temuan ini menandakan bahwa upaya-upaya yang lebih besar harus dilakukan terhadap pemerintahan di seluruh dunia,” tambahnya.

“Karena kehidupan begitu banyak rakyat dipertaruhkan, maka komitment pada upaya memberantas korupsi, keterbukaan dan akuntabitilas pemerintah harus bisa terlihat jelas dalam tindakan-tindakan mereka.

“Pemerintahan adalah bagian yang amat penting dalam menghadapi berbagai tantangan kebijakan global yang dihadapi oleh berbagai pemerintahan sekarang ini.”

Cile dan Uruguay masuk ke dalam kategori negara yang paling kecil mempraktikkan korupsi di Amerika Latin. Sementera di Timur Tengah negara yang menempati urutan paling bagus adalah Qatar.

Sementara itu di Afrika, Botswana, menempati urutan paling tinggi: ke-33.

Transparancy International menyimpulkan bahwa terdapat sejumlah negara yang menjadi korup tahun lalu, terutama Republik Ceko, Hungaria, Italia dan Amerika Serikat.

Kendati mengalami penurun dalam daftar urutan, mungkin karena korupsi yang mencuat akibat krisis keuangan, AS menduduki peringkat ke-22.

bbc news

Posted with WordPress for BlackBerry.

Written by CODEX2000

27 Oktober 2010 pada 01:01

Ditulis dalam Berita

Tagged with

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: