CODEX2000

Arbi Sanit: Pansus Century itu Sandiwara Politik

leave a comment »

Metrotvnews.com, Jakarta: Kesulitan Panitia Khusus (Pansus) Bank Century mengumpulkan data terkait bailout sebesar Rp 6,7 triliun membuktikan adanya kompromi politik yang tak berujung pangkal. Karena itu, lebih baik Pansus bank yang berganti nama Bank Mutiara itu dibubarkan.

“Dari awal saya tidak percaya Pansus. Pansus tidak usah ada. Tapi karena ada, ya bubar jalan saja,” kata pengamat politik dari Universitas Indonesia, Arbi Sanit, ketika dihubungi Metrotvnews.com, Rabu (27/1).

Menurut Arbi, dari awal kasus Bank Century terdapat sejumlah poin yang hitam putih. Contohnya, kontroversi Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 4 tentang Jaring Pengaman Sistem Keuangan serta kebijakan bailout oleh Komite Stabilitas Sistem Keuangan.

Terbukti, dua pakar hukum tata negara Erman Rajaguguk dan Ahmad Syarifuddin Natabaya berbeda pendapat tentang dua masalah tersebut. “Karena ada hitam dan putih itu, kalau mau berdebat setahun tidak akan selesai,” kata Arbi.

Karena itu, Arbi menyarankan, agar Pansus Bank Century mencari jalan tengah melalui voting. Tapi, hal tersebut berisiko keinginan Partai Demokrat dan koalisinya membenarkan kebijakan bailout untuk Bank Century sangat besar terjadi.

“Kita lihat saja jumlah koalisi Demokrat lebih besar. Ini risiko voting, tapi kalau kompromi akan makan waktu dan sulit menyamakan pandangan,” kata Arbi.

Arbi memperkirakan, hasil rekomendasi Pansus Bank Century akan mengambang, yakni hanya menyatakan adanya dugaan pelanggaran prosedur. Arbi menyakini Pansus Bank Century adalah sandiwara politik. “Lagi pula, Pansus mau bongkar kasus korupsi itu sulit karena tidak punya bukti. Komisi Pemberantasan Korupsi saja sulit mencari bukti,” kata Arbi.(Andhini)

Written by CODEX2000

28 Januari 2010 pada 00:32

Ditulis dalam Berita, Catatan, Korupsi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: