CODEX2000

21 Menit SBY Curhat Century di Depan Jenderal TNI

leave a comment »

JAKARTA, Tribun – Di hadapan pimpinan TNI, Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyampaikan uneg-unegnya terkait kasus Bank Century hingga impeachment atau pemakzulan presiden-wakil presiden, Senin (25/1).

SBY menilai, impeachment memang diatur dalam UUD. Namun impeachment tidak begitu mudah dilakukan. Ada ketentuan dalam UUD 1945 yang mengatur.
“Saya menyampaikan seperti ini supaya para perwira tahu. Karena pemahaman perwira terhadap tiga isu ini sangat penting,” ujarnya.
Hadir Panglima TNI Jenderal Djoko Santoso beserta tiga Kepala Staf TNI-AD, TNI-AL dan TNI-AU. SBY didampingi Menko Politik Hukum dan Keamanan Djoko Suyanto, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi, Menneg BUMN Mustafa Abubakar, Menteri Negara Riset dan Teknologi Suharna, serta Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro.
Dalam sambutannya, SBY menjelaskan soal Century terlebih dulu. Menurut SBY, pemberian dana talangan kepada Bank Century adalah akibat krisis perekonomian.Sehingga perlu dilakukan penyelamatan agar tidak berdampak sistemik kepada perekonomian dan perbankan.
Jakarta – Pengambil kebijakan bailout Bank Century, bekerja berdasar kewenangan dan aturan berlaku. Mereka dan kebijakannya tidak bisa dipidanakan bila kebijakan di masa lalu yang diambil berdasar kondisi berlaku pada saat itu tidak terbukti mengandung unsur kriminal.
“Perdebatannya sekarang, apakah kebijakan itu bisa dipidanakan? Apakah kebijakan itu bisa dikriminalkan? Saya mengatakan, the real policy tidak mungkin dipidanakan,” katanya.
Namun bila dalam implementasi kebijakan itu ada aturan hukum yang dilanggar, maka harus ada pembuktian yang jelas. Suatu kebijakan hanya bisa dianggap salah bila memang terbukti dengan jelas adanya unsur korupsi, suap atau konflik kepentingan dalam proses pengambilan keputusannya.
“Sebab kalau kebijakan itu setiap saat bisa dipidanakan, tidak akan ada pejabat negara yang berani mengambil keputusan karena bisa diadili suatu saat kelak,” katanya.
Penyampaian curahan hati (curhat) SBY soal Century membutuhkan waktu 21 menit.
Pertemuan Bogor
SBY juga menjelaskan bahwa pertemuannya dengan tujuh pimpinan lembaga negara di Istana Bogor pekan lalu, digagas oleh para pimpinan lembaga negara. Pertemuan bukan atas inisiatif dirinya. Baginya, pertemuan tersebut adalah komunikasi dengan pimpinan lembaga negara.
Pertemuan menghasilkan kesepakatan yang merupakan penegasan atas wewenang dan tugas masing-masing sesuai aturan dalam UU. Salah satunya adalah meski dinamika politik bisa memanas, tapi bagaimanapun juga stabilitas politik, sosial, hukum dan keamanan nasional tetap harus dijaga.
“Apakah stabilitas politik, sosial, dan keamanan. Agar program bisa dilanjutkan dan rakyat kita merasa tenteram dan tidak cemas,” ujarnya.(Persda Network/yon)

Written by CODEX2000

28 Januari 2010 pada 00:37

Ditulis dalam Berita, Korupsi

Tagged with ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: