CODEX2000

Lintah ‘Darat’ Pahlwan Warga Miskin ?

leave a comment »

Praktek lintah darat (rentenir) semakin marak saja. Sebuah dilema ketika dihadapkan dengan fakta bahwa kemiskinan nyata sekali tidak pernah tertangani dengan baik. Ironis, memang, disebuah negara terbanyak penduduk beragana Islam tmbuh subur praktek-praktek rentenir berkedok lembaga keuangan formal. Ada yang berupa Bank Perkreditan Rakyat, perusahaan pembiayaan(leasing sepeda motor, mobil, kredit pemilikan rumah, koperasi), ditambah dengan perorangan yang menjadikan praktek membungakan ‘duit’ sebagai lahan usaha.

Dalam kondisi ekonomi yang tidak juga membaik bagi sebahagian banyak rakyat bawah, propesi sebagai rentenir cukup menjanjikan dari sisi ekonomi, dan lahan ini semakin subur saja dilakoni. Rajin sekali para rentenir ini keluar masuk kampung-kampung hunian masyarakat dengan kemampuan ekonomi minim. Dan hasilnya, tidak sedikit para pengguna jasa rentenir ini terperosok makin dalam, semakin tidak berdaya untuk bisa lepas dari jeratannya. Istilahnya bukan gali lobang tutup lobang, tapi gali lobang dan gali lagi kolam.

Dua hal yang bakal menghadang para penikmat jasa rentenir ini menurut saya, pertama, kemampuan ekonomi semakin habis terkuras oleh lilitan rente yanng menggulung bagai bola salju, dua, dan ini paling berbahaya, rente (bunga uang) bakal menghilangkan keberkahan.

Ini satu bukti lagi bahwa ‘Keadilan’ belum juga bisa ditegakan di negeri ini. Dan kalau mau jujur, kasus Bank Century yang menelan duit rakyat sampai 6,7 triliun, pasti masih kalah bila dibandingkan dengan duit rakyat kecil yang dihisap rentenir (lintah darat) yang sudah berlangsung lama.

Tugas pemerintah mencari solusi melindungi rakyat,yang harusnya bisa karena disamping sebuah kewajiban, aturannya pun sudah ada. Tinggal persoalannyannya mau dan tidak.

Written by CODEX2000

2 Desember 2009 pada 07:41

Ditulis dalam Opini

Tagged with , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: