CODEX2000

Pemda Pungut Pajak Rokok

leave a comment »

DI UU PDRD baru tersebut, ditentukan 16 pajak dan 30 jenis retribusi yang bisa dipungut oleh daerah. Lima jenis pajak merupakan kewenangan provinsi, dan sebelas lainnya kewenangan pemerintah kabupaten-kota. Lima pajak yang menjadi kewenangan pemprov adalah pajak kendaraan bermotor, bea balik nama kendaraan, bahan bakar kendaraan bermotor, air permukaan, dan cukai rokok.

Sebelas pajak yang dipungut kabupaten-kota adalah pajak hotel, restoran, hiburan, reklame, penerangan jalan, mineral bukan logam dan batuan, parkir, air tanah, sarang burung walet, bumi dan bangunan perkotaan dan pedesaan, serta bea perolehan hak atas tanah dan bangunan. UU itu menambahkan empat jenis pajak baru yang tidak ada dalam UU sebelumnya. Yaitu, pajak cukai rokok, sarang burung walet, bumi dan bangunan, serta peroleh­an atas tanah dan bangunan.

Sedangkan pajak rokok ditarik bersamaan de­ngan pembayaran cukai rokok. Rokok dikenai pajak mengingat dampak yang ditimbulkan. Pengenaan pajak sekaligus cukai tersebut bertujuan menekan perokok pemula. Pajak rokok ditentukan 10 persen dari nilai cukai rokok. Dari pendapatan itu, pemerintah kabupaten-kota memperoleh 70 persen dan pemerintah provinsi 30 persen. Dari bagi hasil tersebut, harus dialokasikan dana untuk pembiayaan kesehatan akibat rokok mencapai Rp 127 triliun. Sedangkan cukainya hanya Rp 50 triliun.

Soal retribusi, UU itu menentukan 30 jenis dan dibagi tiga. Yaitu, retribusi jasa umum (14 jenis), jasa usaha (11 jenis), dan perizinan tertentu (5 jenis). Begitu dikeluarkan, semua jenis pajak dan retribusi yang tercantum dalam UU tersebut tidak diterapkan secara langsung, melainkan bertahap. Misalnya, bea peroleh­an hak atas tanah dan bangunan baru diberlakukan di daerah pada 1 Januari 2011. Begitu pula pajak cukai rokok serta pajak bumi dan bangunan, baru diterapkan pada 2014. (hnovitasari@jpip.or.id/agm)

Written by CODEX2000

27 November 2009 pada 05:12

Ditulis dalam Artikel, Berita

Tagged with ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: