CODEX2000

Ong Yuliana

leave a comment »

ong yuliana

Surabaya – Ong Yuliana Gunawan pernah tersangkut Narkoba. Kepala Unit Idik II Narkoba, Kepolisian Wilayah Kota Besar Surabaya, Ajun Komisaris Polisi Effendi mengatakan, salah satu orang yang aktif berbicara dalam rekaman rekayasa kasus penangkapan anggota Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Bibit dan Chandra, yang diperdengarkan dalam sidang Mahkamah Konstotusi (MK) kemarin, Ong Yuliana Gunawan, sempat menjadi tahanan polwil karena kasus narkoba. “Dia tertangkap di apartemenya bersama saudaranya,” kata Effendi, Rabu (4/11).

Yuliana, ditangkap tanggal 18 Januari 2007 di apartemenya bersama Fredi, dengan barang bukti 0,9 gram sabu-sabu bersama alat hisapnya. Yuliana dan Fredi dalam kasus itu sebagai pemakai, bukan pengedar. Hal itu berdasar hasil tes urine keduanya, yang positif bercampur zat dari serbuk haram tersebut. “Dia murni pemakai,” ucapnya.

Akibat ulahnya, Yuliana sempat meringkuk di tahanan polwiltabes beberapa bulan, sebelum akhirnya dibebaskan. Effendi mengatakan, saat itu berkas kasus juga sudah dilimpahkan ke Kejaksaan. Namun dalam perkembanganya, Effendi mengaku tidak faham. Karena Yuliana saat itu dianggap seperti tahanan narkoba lainya.

Artinya, setelah berkas dilimpahkan, polisi tidak lagi bertanggungjawab. Polisi, kata dia, hanya sebagai penyelidik. “Dalam perkembanganya dia ada main mata dengan kejaksaan atau tidak, saya tidak tahu,” terangnya. “Yang jelas saat itu dimata polisi Yuliana sama dengan tersangka lain.”

Effendi menuturkan, ketika Yuliana ditahan di polwiltabes, Anggodo, nama lain yang juga aktif berbicara dalam rekaman sempat menjenguk Yuliana di tahanan. Saat itu, Anggodo mengaku teman akrab Yuliana sebelum menjenguk. “Kami tidak tahu, dia (Anggodo) sebenarnya teman, saudara, atau apa,” terang dia.

Tapi yang jelas, kepada polisi dia mengaku teman. Polisi, tidak berkewajiban bertanya tentang statusnya. “Apalagi saat itu belum muncul kasus besar seperti saat ini,” terang Efendi. Tahun 2005, Yuliana juga sempat ditangkap Unit Idik Narkoba Kepolisian Resor Surabaya Selatan dengan kasus yang sama.

tempointeraktif

Written by CODEX2000

5 November 2009 pada 07:20

Ditulis dalam Top Berita

Tagged with , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: