CODEX2000

206 Pasien Over Dosis Radiasi CT Scan, Akibat Kesalahan Rumah Sakit

leave a comment »

Seberapa baik teknisi medis rumah sakit mengetahui peralatan yang dipergunakan rumah sakitnya ditempat mereka bekerja?. Ternyata tidak cukup baik.

Baru-baru ini ditemukan kasus over dosis pada 206 pasien yang menjalani terapi dengan  Computed Tomography (CT) Scan di rumah sakit Cedar-Sinai Medical Center di Los Angelos Amerika Serikat. Dimana salah seorang pasien yang menjalani perawatan dengan CT Scan sebanyak delapan kali selama periode 18 bulan, mengalami kerontokan rambut, padahal menurut perawat operator CT Scan tersebut, delapan kali terapi selama periode 18 bulan itu standar normal yang aman bagi pasien.

Ternyata, kesalahan terjadi akibat teknisi medis, salah melakukan seting default mesin tersebut, akibatnya pasien mengalami radiasi delapan kali dari radiasi yang diperlukan normal.

Khawatir bahwa kesalahan ini mungkin tidak terbatas pada Cedars-Sinai, US Food and Drug Administration (FDA) pekan lalu mengeluarkan peringatan untuk fasilitas CT, ahli radiologi, ahli saraf dan beberapa jenis perawatan kesehatan lainnya, sebab mungkin saja hal serupa terjadi di rumah sakit-rumah sakit lainnya dan pada peralatan-peralatan medis selain CT Scan.

General Electric, pembuat  CT  Scan tersebut, mengeluarkan pernyataan, bahwa kejadian tersebut bukan akibat tidak berfungsinya CT Scan tersebut, tetapi akiibat kesalahan pengaturan (seting) .the Times


Written by CODEX2000

19 Oktober 2009 pada 11:04

Ditulis dalam Berita

Tagged with

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: