CODEX2000

NASA Rilis Gambar Mars Terbaru

leave a comment »

WASHINGTON – NASA baru saja merilis ribuan gambar Mars terbaru yang lebih berkualitas. Adapun gambar-gambar tersebut diantaranya memperlihatkan citra kawah, ngarai, bukit pasir, bukit pasir, lingkungan berbatu dan fitur geologis alamiah Mars lainnya.

Gambar ini merupakan hasil pencitraan dari kamera HiRISE milik Mars Reconnaissance Orbiter yang diambil beberapa bulan lalu. Demikian keterangan yang dikutip dari Space, Senin (7/9/2009).

Perangkat pencitraan yang telah mengorbit selama empat tahun tersebut sebenarnya sempat mengalami proses reboot secara misterius selama tiga kali di tahun ini. Reboot terakhir terjadi pada 26 Agustus lalu. Selain itu, alat ini juga secara tiba-tiba berubah menjadi backup komputer tanpa bisa diketahui apa penyebabnya.

Teknisi NASA kemudian mengidentifikasi adanya kelemahan pada perangkat tersebut serta efek yang ditimbulkannya. Sehingga kemudian, mereka mengembangkan perlindungan tambahan untuk mengurangi kelemahan ini. Untungnya, kelemahan tersebut tidak sampai mengurangi kemampuan perangkat ini dalam menghasilkan citra Mars yang baik.

NASA meluncurkan Mars Reconnaissance Orbiter ke planet merah tersebut pada 2005. Perangkat ini diklaim sebagai perangkat paling mutakhir yang pernah dikirim ke Mars. Perangkat ini pun telah banyak menyorot gambar dan menghasilkan data lebih banyak dibandingkan perangkat lain yang pernah ada. (rah)

Written by CODEX2000

11 Oktober 2009 pada 06:24

Ditulis dalam Top Berita

Tagged with

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: