CODEX2000

Sumatera Barat Merintih, Akankah Selalu Berulang ?

leave a comment »

padang2

30 September 2009 gempa dahsyat dengan kekuatan 7,6 SR mengguncang Sumatera Barat, koran tewas dan terluka parah tiap hari bertambah, infrastruktur luluh lantak. Tiap hari kita yang berada di ujung lain wilayah Indonesia, yang tidak terkena musibah disuguhi tontonan yang memilukan, sungguh menyedihkan menyaksikan seorang korban terjepit puing bangunan selama puluhan jam tidak berhasil dikeluarkan secepatnya karena kekurangan peralatan dan sumber daya manusia tim penyelamat yang kurang siap karena banyak hal. Padahal Indonesia termasuk wilayah gempa, lebih lagi Sumatera Barat. Mendo’akan saudara-saudara kita yang terkena musibah agar diberi kekuatan dan kesabaran dalam menghadapi musibah ini satu-satunya bagi kebanyakan masyarakat Indonesia atau membantu sedikit materi dengan harapan turut menringankan beban yang dihadapi.

Sekedar Mengingatkan, tidak beremaksud menyalahkan.

Sejak Gelombang Tsunami di Aceh,bencana alam berturut-turut terjadi dalam kurun emapt tahun sampai 2009, Nias, Jogya,Pangandaran, Tasikmalaya, dan kemudian Sumatera Barat 30 September 2009, banyak pelajaran yang bisa kita ambil untuk menghadapi musibah besar sperti itu seharusnya, tapi fakta kembali terjadi, bahwa pemerintah ternyata kurang siap. Terlihat dari mulai kurangnya peralatan, tenaga terlatih dalam proses evakuasi, distribusi bantuan, bahkan koordinasi tim penyelamat pun carut marut, sehingga korban kemungkinan bertambah baik meninggal ataupun luka berat semakin bertambah, padahal bila saja pemerintah siap menghadapi bencana alam semisal gempa bumi seperti yang teradi di Sumatera Barat baru-baru ini, mungkin korban bisa lebih diminimalisir baik yang meninggal dunia maupun luka parah.

Andai saja kesiapan tim penyelamat dispersiapkan dengan baik dalam berbagai hal yang terkait dengan kebutuhan proses evakuasi pasca bencana, tentu dapat mengurangi penderitaan para korban, namun sayang kasus serupa terulang lagi untuk kesekian kalinya.

Semoga Gempa Bumi di Sumatera Barat jadi peringatan agar buat pemerintah, baik pemerintah pusat maupun daerah dari tingkat I sampai pemerintah desa sekalipun  agar kasus serupa tidak terulang kembali dan ini yang terakhir kalinya.

Written by CODEX2000

6 Oktober 2009 pada 21:02

Ditulis dalam Catatan

Tagged with , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: